10 Peluang Atau Prospek Kerja Pelayaran Dan Gajinya

1. Nahkoda

Untuk menjadi seorang nahkoda, Kamu harus mempelajari ilmu atau keahlian nautika. Selain ilmu untuk mengemudikan kapal, Kamu juga akan belajar untuk menjadi perwira jaga untuk navigasi laut. Saat ini dunia pelayaran masih membutuhkan banyak nahkoda. Kisaran gaji seorang nahkoda mencapai Rp.6.500.000 per jam.

2. Pegawai Kementerian Kelautan Dan Perikanan

Bagi Kamu lulusan pelayaran yang ingin bekerja di instansi pemerintahan, Kamu akan cocok untuk mengisi bagian sebagai pegawai di Kementerian kelautan dan Perikanan. Kisaran gaji pegawai negeri sipil yang berada di bawah kementrian ini adalah Rp. 2.500.000-Rp.33.000.000.

3. Pembuat Hukum Regulasi Dan Transportasi

Di bawah Kementrian Perhubungan dan Dinas Perhubungan, lulusan pelayaran dibutuhkan untuk membuat berbagai hukum dan regulasi mengenai transportasi laut. Kisaran gaji pegawai negeri di bawah kementrian dan dinas ini juga beragam, mulai dari Rp. 2.500.000-Rp.33.000.000.

4. Bekerja Di Perusahaan Pelayaran

Peluang atau prospek kerja pelayaran selanjutnya adalah bekerja di berbagai perusahaan yang bergerak di bidang pelayaran, baik negeri maupun swasta. Ada banyak posisi yang bisa Kamu tempati di perusahaan seperti ini. Kisaran gaji pegawai di perusahaan pelayaran bisa mencapai dua digit.

5. Pelabuhan Dan Galangan Kapal

Sebagai lulusan pelayaran, Kamu juga bisa bekerja di pelabuhan atau galangan kapal. Dibanding staff industri lain, menjadi staff dalam bidang ini memiliki gaji cukup besar. Kisaran gaji pegawai di galangan kapal adalah Rp.4.000.000.

6. Industri Perikanan

Industri lain yang cocok untuk lulusan pelayaran adalah industri perikanan. Ada banyak pekerjaan yang bisa menjadi prospek Kamu pada industri, terlebih Kamu lebih memahami ilmu seputar kelautan. Kisaran gaji para pekerja di industri perikanan bisa mencapai Rp.15.000.000.

7. Perusahaan Minyak Dan Gas Bumi

Pekerjaan sebagai karyawan di perusahaan minyak dan gas bumi akan membuatmu bekerja di wilayah lepas pantai. Perusahaan ini juga dikenal banyak orang sebagai salah satu pekerjaan dengan gaji yang menggiurkan. Kisaran gaji terendah para pekerja di industri minyak dan gas bumi bisa adalah Rp.27.000.000.

8. Industri Manufaktur

Lulusan pelayaran juga dibutuhkan pada industri manufaktur, terutama untuk bagian-bagian pekerjaan yang berkaitan dengan proses pengiriman yang harus melalui jalur laut. Kisaran gaji terendah para pekerja di industri manufaktur adalah Rp.9.000.000.

9. Tenaga Pengajar

Saat ini semakin banyak berdiri sekolah pelayaran di Indonesia. Sekolah-sekolah tersebut tentu membutuhkan tenaga-tenaga pengajar dengan bidang ilmu yang sesuai. Maka, jika Kamu sudah lulus dari sekolah pelayaran, Kamu bisa menjadi guru atau dosen. Kisaran gaji seorang guru dan dosen bervariatif, tergantung status Kamu di sekolah tersebut.

10. Wiraswasta

Dengan ilmu yang Kamu dapatkan, Kamu tentu bisa menjadi pengusaha dalam bidang yang berhubungan dengan perkapalan atau transportasi laut. Kisaran pendapatan yang bisa Kamu dapatkan ketika memilih menjadi wiraswasta juga tak terhingga.

Itulah beberapa pekerjaan yang menjadi peluang atau prospek kerja pelayaran yang bisa Kamu jadikan referensi. Semoga ulasannya bermanfaat ya!

Artikel

  berdasarkan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Tahun Ajaran Baru 2020/2021 oleh Kemendikbud, diputuskan bahwa perkuliahan di semua zona akan tetap dilaksanakan secara daring. Mung...

  Dunia kampus tentu menjadi ruang tersendiri bagi para mahasiswa. Selain tempat menimba ilmu, kampus juga dapat menjadi tempat untuk bertemu teman atau tempat nongkrong. Namun karena masih dalam m...

1. Nahkoda Untuk menjadi seorang nahkoda, Kamu harus mempelajari ilmu atau keahlian nautika. Selain ilmu untuk mengemudikan kapal, Kamu juga akan belajar untuk menjadi perwira jaga untuk navigasi lau...

More From: Artikel